Sabtu, 12 Juni 2010

Coretanku : Rahasia Alam

Aku dari kecil selalu mempunyai kebiasaan yang mungkin teman-temen belum pernah dengar.

Sejak kecil aku selalu menuliskan apa-apa yang saya anggap aneh dan tidak mengetahui jawabanya. Jika suatu saat aku tau jawabannya maka jawabannya aku tuliskan di bawahnya. Terkadang juga aku mendapatkan jawabannya tetapi masih belum puas dengan jawabannya maka aku tuliskan jawabannya dibawahnya dan aku beri tanda tanya di sampingnya untuk menandakan bahwa aku belum puas dengan jawaban tersebut dan di cover buku itu aku tulisi RAHASIA ALAM ...xixi...keren kan?

Jika aku baca-baca pertanyaan yang ku tuliskan waktu SD jadi tertawa sendiri misalnya :

1. Kenapa aku menjadi anak laki-laki?
2. Kenapa Orang tuaku bukan orang kaya?
3. Kenapa ayam tidak bisa terbang seperti burung?
.......dst


lucu juga pertanyaan2 tersebut, tetapi setiap orang pasti punya jawabannya sendiri, entah diberi tahu guru, teman atau baca-baca buku.

Ada juga pertanyaan yang pernah saya tuliskan dan baru belum lama ini aku tahu jawabannya saat mendengarkan ceramahnya Bp. Quraish Shihab di TV.

Pertanyaan yang kutuliskan ( maaf karena saya seorang Muslim dan memang pertanyaan inilah yang aku tuliskan menurut pemahamanku)
Jika orang yang mati tidak dalam keadaan Islam, maka dia tidak akan masuk Surga. Lalu bagaimana nasib anak yang lahir di lingkungan Yahudi misalnya, yang dari kecil sudah di doktrin bahwa ajaran mereka yang paling benar, dan dia meyakini sampai mati. Dia tidak pernah berbuat kerusakan, dan yang dilakukannya adalah hal-hal yang baik.

Sering saya tanyakan pertanyaan tersebut jika mengikuti pengajian ataupun lagi kumpul dengan para santri. Tetapi jawabannya masih kurang memuaskan hatiku. Sampai pada saat saur bulan ramadhan tahun kemarin ada yang bertanya pada acaranya Bp. Quraish Shihab mirip pertanyaan yang ku tulis di buku Rahasia Alamku dan jawabanya bagiku sangat memuaskan.

Ada juga pertanyaan yang aku baru tau jawabannya, yaitu :
Kenapa kucing yang mempunyai tiga warna (bahasa jawa : kucing telon) tidak ada yang jantan?
saat sma ndak pernah terpikirkan untuk bertanya, pas saat jalan sama temenku yang kuliah jurusan Biologi,ada kucing telon yang mati di jalan, aku teringat pada buku rahasia alamku dan spontan aku tanyakan kepadanya. Lalu dia jawab dengan gaya Dosennya ... hehe ... akhirnya aku tau deh jawabanya...dan besoknya aku tulis jawabannya di buku Rahasia Alamku ...

Sobat-sobat pembaca, punyakah pertanyaan yang sampai sekarang belum terjawab?

ingin baca Coretanku yang lainnya ....

43 komentar:

  1. saya juga punya pertanyaan yang sejak kecil sampai sekarang belum terjawab tuh, begini pertanyaannya :
    "kenapa setiap manusia tidak bisa untuk menjilat siku tangannya sendiri ? apa pernah ada kabarnya yang pernah bisa menjilat sikunya sendiri ?" inilah salah satu rahasia alam yang belum saya tahu jawabannya..

    BalasHapus
  2. Itu kebiasaan yang bagus Sob, bisa melatih berpikir lebih kritis...

    Katanya sih ada kucing belang telon yang jantan, tapi jarang banget.

    BalasHapus
  3. Banyak banget pertanyaan yg belum terjawab untukku, tapi aku percaya suatu saat pasti akan terjawab ^_^

    BalasHapus
  4. wah keren...dari kecil dah bisa berinisiatif menulis pertanyaan2 alam seperti ini...

    masa kecil saya...blas ndak mikir apa2 :D

    BalasHapus
  5. @Laskamana Embun : Yup.
    @Orang Kampung Belajar Ngeblog : Lidahnya kurang panjang Sob, bukan panjang tanggan lho..xixi...
    @John Terro : Sip Dah
    @Lina@happy family : Kalau yang Jantan pasti Mati Sob, soalnya gen nya letal ..kata temenku tapi..hehe..
    @ajeng : Benar sekali Sob
    @Pojok Pradna : Hehe.. Jadi malu ...

    BalasHapus
  6. itulah kekurangan kita sebagai manusia ilmu kita amatlah sedikit jika dibangingkan Ilmu Allah, jadi banyaklah belajar untuk mencari ilmu

    BalasHapus
  7. MEmang banyak rahasia alam

    BalasHapus
  8. di bagian akhir koq jawabannya tidak ditulis? jadi pengen tahu juga nih...

    BalasHapus
  9. aku rasa itu hal yang bagus, dan setiap apa yang ditemui/dilakukan salah satunya adalah untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang begitu banyak muncul di otak.
    salut!

    BalasHapus
  10. berkunjng dengan senyuman aku
    heheh

    BalasHapus
  11. kecil2 udah kritis . . :D
    salam kunjung perdana bos . . :)

    BalasHapus
  12. kadangkala logika memang tidak bisa menjawab semua pertanyaan... itulah makanya ada rahasia

    BalasHapus
  13. kadang terbersit juga pertanyaan seperti itu ....

    BalasHapus
  14. menarik jika punya catatan sejak kecil. Jika dibuka lagi pasti akan tertawa sendiri

    BalasHapus
  15. penasaran pengin liat buku rahasia alamnya... ^^

    BalasHapus
  16. Dari kesemua pertanyaan mas yg ditulis kok ndak dijawab sekalian??
    khan udah nemuin jawabannya,,,

    bagaimana nasib anak yang lahir di lingkungan Yahudi misalnya, yang dari kecil sudah di doktrin bahwa ajaran mereka yang paling benar, dan dia meyakini sampai mati. Dia tidak pernah berbuat kerusakan, dan yang dilakukannya adalah hal-hal yang baik???

    Kenapa kucing yang mempunyai tiga warna (bahasa jawa : kucing telon) tidak ada yang jantan?

    Jawabnya apa mas???

    BalasHapus
  17. salam blogger sob
    sukses selalu

    BalasHapus
  18. Kreatif juga sob hehehehe...

    BalasHapus
  19. kadang ada pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban..

    BalasHapus
  20. kalau pertanyaan jelas punya banyak banget, tapi ya tidak berharap semua akan terjawab, karena kita pasti akan terus bertanya...

    BalasHapus
  21. iya, saya juga punya pertanyaan sendiri.
    kayak misalnya kenapa buku nikah itu warnanya ijo sama coklat?
    kenapa gak pink sama biru muda?
    atau merah sama putih?
    nah sampe sekarang saya belum nemu jawabannya, heheu

    BalasHapus
  22. maaf ni sobat baru sempat mampir,,,
    makasih sobat dah mau mampir ke blog saya

    BalasHapus
  23. kenapa sepatu sy awet sekali? TK.

    BalasHapus
  24. pertanyaan ku yg belum kejawab: siapakah yang bakal jadi juara piala dunia 2010?

    BalasHapus
  25. Aku punya pertanyaan yg belum terjawab nih.
    Apa jawaban dari pertanyaan2 yg dituliskan di atas ? (versi Bp. Quraish Shihab & mahasiswa biologi) :p

    BalasHapus
  26. Kok aku gak pernah membuat buku "rahasia Alam" ya..? *nyesel[dot]com*

    BalasHapus
  27. rahasia Alamnya sip
    bikin penaaran jaabannya apa.. :-)

    BalasHapus
  28. Duh, dikau jeli an terperinci ya...

    BalasHapus
  29. begitu banyak pertanyaan yang belom terjawab
    menggantung dalam pikiran

    BalasHapus
  30. terlalu banyak rahasia alam, itu kan keajaiban Tuhan :)

    BalasHapus
  31. @munir ardi : Setuju So.
    @FB : Yup
    @Narti : Kalau nasib anak Yahudi nggak berani njelasin Sob, soalnya takut salah njelasin..hehe....lagian Ilmu agama ane cetek banget ..xixi...
    Kalo yang nasibnya kucing item ..eh, kucing telon maksudnya, yang mengkodekan atau yang membawa sifat tigawarna (telon) adalah Gen X dan sifatnya Letal (mematikan) jika bertemu Gen Y, maka....(mikir sambil garuk kepala...),
    jika lahirnya jantan (X ketemu Y) si anak kucing tuh akan mati, kalopun hidup paling tahan cuma 1 minggu (kacian deh...) tapi...ini kata temenku lo Sob,

    @rezKY Pratama : Kan ku balas senyumanmu Sobat...hehe...
    @Akmal Fahrurizal : Thanks Sob, dah mampir.

    BalasHapus
  32. @anyindia : Bener Sob.
    @Rubiyanto : Memang sering muncul di benak kita Sob, apa lagi kalo mo tidur... hehe..
    @skbjepara : Thanks Sobat dah mampir.
    @Eysa : Sama aku juga penasaran ... xixi...
    @Shanty : Jawabannya sda Mbak.

    BalasHapus
  33. @imtikhan : Salam juga Sobat
    @Fajar : Jadi malu...
    @Lina Sukadi : Makanya aku catetin Sob..hehe...
    @Rosanakmami : Nanti sob, aku tak pesen yang merah putih..hehe...kan Nasionalis..xixi..
    @Aby Umy : Sama sama Sob, mari saling berkunjung ke blog Sahabat.

    BalasHapus
  34. @john ws : Kenapa tu Sob?
    @Tukang Colong : Kayaknya ... (bakar menyan sambil komat-kamit) ..Jerman Sob...xixi...
    @the others : Belum terlambat Sob, (anti nyesel dot org ..hehe...)
    @buwel : Hehe...(wajah merah muda kayak pulas)
    @attayaya : Hehe...
    @atanotonogoro : Setuju Sob.

    BalasHapus
  35. Terlampau banyak pertanyaan yang belum ku tahu jawabannya, karena setiap jawaban yang ku peroleh malah selalu menimbulkan beberapa pertanyaan....

    BalasHapus
  36. jawaban versi saya.
    kenapa aku menjadi Laki-Laki?
    Laki-Laki dan perempuan sama aja yang penting normaL.

    kenapa Orang tuaku bukan orang kaya?
    waLaupun beLiau bukan orang kaya bukan berarti beLiau itu orang miskin.

    kenapa ayam tidak bisa terbang seperti burung?
    karena namanya ayam makanya enggak bisa terbang.
    -------------
    hehehehe... cuma becanda Lho. jangan di ambiL yah, ambiL piring dan nasi aja pLus Lauk pauk. jangan Lupa minumnya teh botoL buatan mbah sosro. hakhakhakhak...

    BalasHapus
  37. waduh, ternyata Alam punya rahasia byk ya??
    Alam org mana sih...??? :D
    haha... gak nyambung x..

    jgn rhs-rhs an ah...

    BalasHapus
  38. berkunjung pagi sobat
    mau ngucapin met weekend :)

    BalasHapus
  39. @John Terro : Thanks Sob.
    @PRof : Suatu saat pasti akan ketemu jawabannya PRof.
    @om_rame : Xixixi..., aku mo minum dulu Om, teh botos sosro ..hehe...
    @penghuni60 : Alam yang punya rahasia Sob, :)
    @Aby Umy : Thanks Sobat dah nyempetin mampir.

    BalasHapus
  40. begitulah manusia banyak gak tahunya dibandingkan tahunya :)

    salut sama kebiasaannya,

    BalasHapus

Sahabat, Silakan tinggalkan pesan.

Statistik

Yuk Tukeran Link

Copy Paste kode dibawah ke blog anda. Link akan tampak seperti:


Sponsor



Bloggers & Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory Site Meter

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP