Selasa, 17 Juli 2012

Tahun Ajaran Baru

Tahun ajaran baru ibu-ibu disibukkan dengan mengatur keuangan sedemikian rupa agar kebutuhan anak-anaknya untuk keperluan sekolah bisa terpenuhi. Sementara kebutuhan rumah tangga lainnya juga harus terus berjalan dengan pendatan yang tidak bertambah. Ibu rumah tangga sebagai bendahara rumah tanggapun harus memutar otak agar bisa terbagi merata dan proposional.

Beberapa hari yang lalu kakak perempuan saya mengeluhkan tentang buku pelajaran anaknya yang tidak bisa diwariskan ke adiknya karena buku paket yang harus dibeli dari sekolahan selalu berbeda setiap tahunnya. Saya jadi berfikir, ada apa sebenarnya dengan sekolah-sekolah ini. kenapa harus berbeda setiap tahunnya?

Fikiran saya langsung tertuju pada adanya bisnis dari penjualan buku disekolah-sekolah ini. Saya bisa membayangkan berapa uang yang berputar setiap ganti semester jika setiap anak harus membeli buku sejumlah sekitar 500 ribuan. Wah wah... bisnis yang sangat mengiurkan kali ya sob hehee...

Sebenarnya tidak diwajibkan membeli sih, cuma kalo semua bahan yang diajarkan oleh guru mengacu pada buku paket, pasti yang tidak punya buku akan kelabakan, dan artinya harus membeli juga kan.

Saya kurang tahu persis sih, sebenarnya siapa yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan pengadaan buku paket, tetapi yang pasti menurut saya selain sangat memberatkan wali murid juga sangat mubazir buku-buku yang telah dibeli oleh kakak kelasnya dulu kalau hanya akan dibuang karena setiap tahunnya bukunya sudah berbeda lagi. Yah, kembali lagi kepada bisnis tadi, saya sih berharap guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa benar-benar menjadi pahlawan yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan bukan hanya mencari keuntungan dari bisnis yang menurut saya tidak relevan dengan tugas guru yang sangat mulia.

Bagaimana menurut teman-teman? Apakah di tempat teman-teman ada kasus seperti yang dialami oleh kakak saya tadi?

35 komentar:

  1. kasus seperti ini hampir sama sob, tiap tahun ganti kurikulum, sudah pasti akan ganti buku, jaman ane sekolah dulu, buku paket bisa buat 7 turunan hehe...

    BalasHapus
  2. sebenaranya saya sudah lulus si sob,
    memang waktu sekolah dulu setiap gnti semester harus membeli buku seperti LKS (lembar kerja siswa) harganya pun berkisar 8 ribu sampai 10 ribu per buku, namun buku setelah dibeli jarang dipergunakan lagi,, jadinya buku yang sudah dibeli tidak berguna lagi untuk adik saya,,,

    BalasHapus
  3. salam kenal sob dari saya yg masih newbie..

    BalasHapus
  4. kalo bener ada pengadaan buku, itu proyek yang bisa jadi nggak tunduk ke perpres pengadaan (?)

    kalo yang saya cermati, para guru tidak melakukan filter di awal atas substansi buku. saya sering mendapati materi yang ngawur di dalamnya dan saya tak segan untuk langsung sms ke kepala sekolah anak-anak saya.

    BalasHapus
  5. saya pernah jadi guru, walau hanya bertahan selama 7 tahun sebelum ambil keputusan jadi tukang dagang ubi cilembu, sedikit tau soal itu, kebijakannya ada di kementrian, guru cuma bengong dan malah ngga tau kenapa begitu...coba tanya deh, pasti jawabnya "dari sononya kudu begitu"...ini ENDONESIA kang...:o)

    BalasHapus
  6. ya pernah kualami sendiri saat masih sd dulu. dulu kami sekeluarga masih terbatas pada biaya dan diharuskan untuk membeli buku tiap tahunnya. Padahal buku kakakku masih bagus dan kurang lebih hampir sama dengan buku yang diwajibkan membeli itu. cuma covernya saja dan sedikit isi latihannya yg berbeda.
    Saya diijinkan pake buku kakak setelah ibu datang ke sekolah memohon untk tdk beli buku. alhasil saya diharuskan untuk mencatat dan mencatat isi buku. wow amazing. tapi hasilnya saya sangat suka membaca dan menulis sekarang. terbayar juga jerih payah di sd dulu =D

    BalasHapus
  7. alhamdulillah di sekolah ankku tdk ada kasus spt itu,bahkan kalao ortunya bnr2 tdk mampu diperbolhkan untk tdk m'bli buku2 tsb,atau ngopi dr tmnya yg bli...

    BalasHapus
  8. buset mahal juga ya biaya buku.. memang begitulah proyek dari sekolah yaa.. tdak seperti dulu yang mnegajar dengan ikllas guru saya tidak memebebani jenis buku namun mewajibkan mmeiliki buku dengan pembahsan yang saa ^^

    BalasHapus
  9. aduuh, saya teringat masa kecil saat harus membeli buku paket yang cukup lumayan dan itu cukup memberatkan.. tapi belajar adalah keharusan..
    catatan menarik..

    #blogwalking senja

    BalasHapus
  10. wew semanga tahnajaran baru yak..semoga semakin baik prestasinya

    BalasHapus
  11. hehe... jd ingat waktu SMU dlu... *smile

    BalasHapus
  12. sebenarnya siih isi bukunya keliatan sama aja...cuman covernya aja

    BalasHapus
  13. Bukan ibu-ibu aja sob, bapak-bapak juga pada sibuk. Nice share

    BalasHapus
  14. Sama kawan!. dikampung gue juga begitu. banyak anak2 yg sodaranya bngung tuh, kenapa wajib beli buku paket baru. katanya ada beda isinya dg yg tahun kemarin.
    well, yg namanya anak2 mo sekolah, ya akhirnya para org tua mangut2 aza.

    BalasHapus
  15. iya, kemaren saya sama suami juga belanjain buku2 baru buat ponakan.. dah dari jaman saya sekolah sih, tiap tahun bukunya ganti mulu u,u

    BalasHapus
  16. ehm kalau emang buku lama masih bisa dipake kenapa harus ganti...lebih baik uang lebih bisa dibelikan buku bacaan

    BalasHapus
  17. kok begitu ya kebijakannya.. memang harus ya beli paket..?? emang ga bisa di foto kopy,, hehe..

    BalasHapus
  18. waah, sama saja dengan disini. sekarang udah beda kayak aku dulu, kalau aku dulu selalu dapat warisan buku dari kakakku meski beda sekolah.
    kalau sekarang mah jangan harap.

    BalasHapus
  19. Saya pernah berbincang dengan seorang teman yang berprofesi sebagai guru SD, dan ia mengatakan sebenarnya isi dari setiap buku paket yang berbeda setiap tahunnya itu intinya sama saja, makanya dalam hati saya mengganjal pertanyaan "Ada apa ini???"

    BalasHapus
  20. guru skrg gak kayak dulu sob,
    di pkiran mreka hany ada uang, pahlawan tanpa tanda jasa hanyalah julukan lama yg sudah gak berlaku..

    BalasHapus
  21. wah bagus sekali nih sob..
    ijin bookmark ya buat dibaca berkali kali..



    #Salam Silaturahmi

    BalasHapus
  22. terkadang target penjualan percetakan dan fee yang ditawarkan ke para guru/kepsek/yayasan, membuat ortu semakain terjepit saat tahun ajaran baru.

    BalasHapus
  23. Apik dan menawan penggambarannya dalam postingan ini. Saya juga prihatin dengan kondisi ini, Tidak seperti jaman saya dulu waktu masih bersekolah di SD dan SMP era taon 70-80 an.

    Buku wajib sekolah masih bisa diwariskan ke adik tingkat, namun kondisi memang jauh berubah sekarang. Taun ajaran baru selalu buku baru dan sudah berbeda dengan adik tingkatnya. Mau tidak mau harus membeli buku wajib baru.

    BalasHapus
  24. wahh... gmn ya... sekarang semua serba mahal gitu :( bahkan sampe yg namanya buku paket :(

    BalasHapus
  25. jadi sekarang bukunya ga sama ya tiap tahun? padahal kalo sama kan ngebantu banget, inget jaman dulu waktu sekolah ga perlu beli buku baru, tinggal warisan dari kakak

    BalasHapus
  26. . . waduch,, aq gak pernah sekolah. jadi gimana donk?!? huhh. he..86x . .

    BalasHapus
  27. dunia selalu berputar..pada masa kita kecil, bapak-ibulah yang kerepotan mempersipkan peralatan sekolah kita...dan sekarang giliran kita untuk direpotkan oleh buah hati kita :)

    BalasHapus
  28. makin besar aja biaya pendidikan anak, kalo dulu buku pelajaran saya adalah lungsuran dr kakak :)

    salam kenal...

    BalasHapus
  29. iya, skarang ga kaya dulu. baru baru, biar dapat duit kali ya. padahal kan klo bisa di wariskan lumayan, lagi juga apa si guru itu membaca buku paketyang baru terus? ga juga sepertinya :D

    BalasHapus
  30. padahal ko kuliah ada loh buku paket, dan bukunya biasanya sama. ko ini yang anak masih sekolah bisa bisanya bukunya ganti ganti, ngalahin yang kuliah aja :D

    BalasHapus
  31. gan kami segenap admin edho-photowork ingin mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, klo ada kesalahan kata2 di maafin yah..^_^

    BalasHapus
  32. dari dulu sampai sekarang..selalu saja ada kasus beginian..jualan buku..kasihan dech para anak didik

    BalasHapus
  33. Betul betul. Kadang penjualan bukunya "Setengah memaksa" anak didik, kan kasihan sama keluarga yang kurang mampu seperti kami

    BalasHapus

Sahabat, Silakan tinggalkan pesan.

Statistik

Yuk Tukeran Link

Copy Paste kode dibawah ke blog anda. Link akan tampak seperti:


Sponsor



Bloggers & Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory Site Meter

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP